Trekking (jelajah) alam

Trekking alam

Aktivitas jelajah alam / trekking sangat digemari oleh pengunjung d’sa. Dikelilingi oleh hamparan ladang dan sawah yang menghijau di kaki gunung Arjuna, Anda akan diajak untuk menikmati keindahan alam anugerah Tuhan melalui jalan setapak sambil menghirup segarnya udara pegunungan. Jalan yang naik turun juga memberikan sarana olahraga yang menyehatkan di tengah-tengah kepenatan/kesibukan Anda sehari-hari. Tak jauh dari lokasi kami, kaki Anda bisa merasakan sejuknya air sungai yang jernih. Anda juga bisa menyapa para petani yang sedang bekerja di sawah/ladang mereka sambil bertanya tentang apa yang mereka lakukan dan tanaman yang sedang mereka usahakan.

Acara ini sungguh bermanfaat untuk anak-anak mengenal lingkungan alam secara dekat. Untuk dewasa, jelajah alam melintasi ladang, sawah, tebing, dan sungai juga merupakan acara yang mengasyikkan. Jalur trekking sudah kami survey sehingga aman dan terukur sesuai dengan keinginan dan kondisi dari para peserta. Kami akan memberikan pengarahan mengenai pilihan jalur/lintasan trekking yang ingin ditempuh oleh peserta, termasuk jarak tempuh, pilihan menyeberangi sungai, menaiki tebing, dan sebagainya.

Staf kami yang diantaranya merupakan warga desa setempat akan ditempatkan di beberapa titik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama Anda menjelajahi jalur trekking tersebut. Setiap pemandu kami dilengkapi tas ransel yang berisi obat-obatan P3K dan handy talky (HT) sebagai alat komunikasi untuk menunjang acara jelajah alam ini. Tandu dan mobil penjemput juga siap jika diperlukan. Ruang kesehatan pun tersedia bagi mereka yang merasa kelelahan, merasa kurang sehat, atau sekedar ingin beristirahat.

Berikut ini kami menyarankan beberapa tips untuk diperhatikan dan dibawa oleh setiap peserta demi keamanan dan kenyamanan selama mengikuti kegiatan-kegiatan outdoor di d’sa khususnya kegiatan trekking alam:

1. Sudah makan pagi secukupnya di rumah
2. Memakai krim pelindung kulit dari sinar matahari
3. Memakai sepatu olahraga atau sandal yang tidak licin dengan velcro (bukan sandal jepit) sehingga tidak mudah terlepas / putus. Untuk trekking yang melintasi sungai, dianjurkan membawa sandal /sepatu cadangan untuk digunakan seusai acara trekking, menggantikan sepatu yang basah.
4. Memakai topi untuk melindungi kepala
5. Membawa botol minuman yang diisi penuh untuk bekal selama trekking
6. Membawa obat-obat pribadi
7. Membawa perlengkapan mandi untuk bersih diri di kamar mandi yang telah disediakan dan pakaian ganti untuk dipakai seusai kegiatan outdoor

Sebelum dan selama mengikuti kegiatan outdoor, diharapkan para peserta:

1. Memberitahukan kepada pendamping/panitia sekolah/organisasi tentang kondisi kesehatan pribadi atau adanya penyakit yang memerlukan perhatian khusus dan kemudian menyampaikannya kepada pihak d’sa.
2. Mematuhi semua instruksi dari instruktur/trainer d’sa.
3. Segera melaporkan kepada tim d’sa kejadian yang memerlukan P3K selama kegiatan outbound berlangsung / sepanjang rute trekking yang dilalui.

Terima kasih untuk kerjasamanya dan selamat bertualang, bergembira bersama serta belajar bersama sambil menikmati keindahan alam di Dusun Sahabat Alam.