Outdoor activities

Tips penting bagi para peserta kegiatan di alam terbuka di Dusun Sahabat Alam

Hal-hal di bawah ini untuk diperhatikan oleh setiap peserta kegiatan outdoor di Dusun Sahabat Alam agar setiap kegiatan berjalan aman, lancar, menyenangkan, dan tercapai secara optimal tujuannya bagi setiap peserta kegiatan.

Kegiatan outdoor di d’sa meliputi trekking/jelajah alam (dengan rute jarak pendek, jarak sedang, dan jarak panjang), outbound (middle rope, high rope, flying fox), games di ruang terbuka, serta kegiatan menanam dan memanen tanaman. Demi kenyamanan para peserta dan kelancaran setiap acara, d’sa menyediakan fasilitas dan perlengkapan P3K antara lain:

1. Ruang Kesehatan untuk tempat istirahat peserta yang mengalami sakit ringan / memerlukan istirahat.
2. Peralatan dan obat-obatan P3K untuk mengobati keluhan kesehatan ringan seperti luka luar, diare, pusing, keseleo dan nyeri otot.
3. Tim pendamping trekking d’sa yang senantiasa dibekali dengan ransel yang berisi aneka obat-obatan P3K.
4. Tandu untuk pasien
5. HT komunikasi yang senantiasa dibawa tim pendamping trekking d’sa untuk keperluan komunikasi secara cepat dan kontinyu
6. Kendaraan penjemput pasien

Dari pihak peserta, kami menyarankan beberapa hal untuk diperhatikan dan dibawa oleh setiap peserta:

1. Sudah makan pagi secukupnya di rumah
2. Memakai krim pelindung kulit dari sinar matahari
3. Memakai sepatu olahraga atau sandal yang tidak licin dengan velcro (bukan sandal jepit) sehingga tidak mudah terlepas / putus. Untuk trekking yang melintasi sungai, dianjurkan membawa sandal /sepatu cadangan untuk digunakan seusai acara trekking, menggantikan sepatu yang basah.
4. Memakai topi untuk melindungi kepala
5. Membawa botol minuman yang diisi penuh untuk bekal selama trekking
6. Membawa obat-obat pribadi
7. Membawa perlengkapan mandi untuk bersih diri di kamar mandi yang telah disediakan dan pakaian ganti untuk dipakai seusai kegiatan outdoor

Sebelum dan selama mengikuti kegiatan outdoor, diharapkan para peserta:

1. Memberitahukan kepada pendamping/panitia sekolah/organisasi tentang kondisi kesehatan pribadi atau adanya penyakit yang memerlukan perhatian khusus dan kemudian menyampaikannya kepada pihak d’sa.
2. Mematuhi semua instruksi dari instruktur/trainer d’sa.
3. Segera melaporkan kepada tim d’sa kejadian yang memerlukan P3K selama kegiatan outbound berlangsung / sepanjang rute trekking yang dilalui.

Terima kasih atas segenap perhatian dan kerjasama yang baik dari setiap peserta kegiatan outdoor Dusun Sahabat Alam. Selamat bertualang, bergembira bersama, belajar bersama dan menikmati keindahan alam