Edukasi astronomi

Astronomy

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Edukasi astronomi

Kita pernah menjumpai kata mutiara ini: Sahabat lama adalah seperti bintang di langit, kita tidak selalu bisa melihat mereka, tetapi mereka selalu ada di sana di keheningan langit malam, seperti halnya sahabat kita yang selalu ingat pada kita dan sering mendoakan kita, sekalipun kita tidak bisa selalu melihatnya.

Langit malam selalu mempunyai daya tarik tersendiri bagi manusia. Kerlap kerlip bintang-bintang yang bertaburan indah di sana menyimpan misteri tersendiri yang mempesona kita. Bila bulan sedang penuh, bintang-bintang seolah menyembunyikan diri agar kita dapat menikmati pesona keindahan sang purnama sambil angan kita melayang terbawa impian.

Mari mengenal lebih jauh benda-benda langit yang selama ini selalu ada di atas kepala kita tetapi jarang kita sadari keberadaannya dan kita hayati keagungannya yang membuat kita semakin dapat mengenal keagungan Sang Pencipta dan pada akhirnya membuat kita makin mampu mengenali diri kita sendiri di alam semesta ini.

Menurut teori, dengan mata telanjang (tanpa alat bantu teleskop), pada tempat-tempat yang gelap dengan sedikit polusi cahaya dari lampu kota, manusia bisa melihat sekitar 2500 buah bintang. Tetapi semua itu bergantung kepada lokasi, cuaca, kadar polusi cahaya, dan kemampuan pandang mata kita. Matahari yang selama ini selalu bersinar terang di langit siang dan memberi hidup pada bumi dengan panas dan cahayanya adalah sebuah bintang juga.

Dusun Sahabat Alam mengajak Anda dari semua usia untuk melihat keindahan langit malam dan mempelajari fakta alam yang menarik dan mengasyikkan tentang benda-benda langit. Anda juga dapat menyaksikan planet-planet di Tata Surya, kawah-kawah bulan yang tidak bisa terlihat dari bumi dengan mata telanjang, bahkan juga galaksi dan nebula, menggunakan teropong bintang dengan teleskop refraktor Meade ETX-60 AT dan teleskop Schmidt-Cassegrain, Celestron NexStar 8 SE. Bagaimana wajah planet Mars, Jupiter, Saturnus dilihat dari teleskop? Tentu tidak hanya berupa titik cahaya yang berkedip di antara bintang seperti yang kita lihat dengan mata biasa. Bagaimana pula gerakan para planet dan bulan serta matahari terhadap bumi? Bagaimana terjadinya gerhana dan apakah hujan meteor itu? Kita juga bisa mengamati matahari dalam pengamatan siang menggunakan filter khusus untuk melihat permukaan matahari melalui teleskop. Yuk temukan fakta asyik lainnya dalam dunia astronomi, kami menantikan Anda bergabung dalam kegiatan pengamatan langit malam bersama d’sa.